Pendidikan dan Perguruan Tinggi

Assalamualaikum,
Sekarang saya akan membahas sedikit tentang pendidikan dan perguruan tinggi, juga sedikit curahan dari dalam diri saya wkwkw :v oke langsung aja semua nya ada dibawah..

PENDIDIKAN
          Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian (wikipedia). 
Pengertian menurut para ahli :
Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia): Menurut Ki Hajar Dewantara bahwa pengertian pendidikan adalah tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
Ahmad D. Marimba: Pengertian pendidikan menurut Ahmad D. Marimba adalah bimbingan atau bimbingan secara sadar oleh pendidik terdapat perkembangan jasmani dan rohani terdidik menuju terbentuknya keperibadian yang utama.
H.H.Horne: Pengertian pendidikan menurut Horne bahwa pendidikan adalah alat dimana kelompok sosial melanjutkan keberadaannya dalam mempengaruhi diri sendiri serta menjaga idealismenya. 
Martinus Jan Langeveld: Pengertian pendidikan menurut Martinus Jan Langeveld bahwa pengertian pendidikan adalah upaya menolong anak untuk dapat melakukan tugas hidupnya secara mandiri supaya dapat bertanggung jawab secara susila. Pendidikan merupakan usaha manusia dewasa dalam membimbing manusia yang belum dewasa menuju kedewasaan. 
Gunning dan Kohnstamm: Pengertian pendidikan menurut Gunning dan Kohnstamm adalah proses pembentukan hati nurani. Sebuah pembentukan dan penentuan diri secara etis yang sesuai dengan hati nurani.
Stella Van Petten Henderson: Menurut Stella Van Petten Henderson bahwa pendidikan adalah kombinasi pertumbuhan, perkembangan diri dan warisan sosial. 
Carter. V.Good: Pengertian pendidikan menurut Carter V. Good bahwa pendidikan adalah proses perkembangan kecakapan individu dalam sikap dan perilaku bermasyarakat. Proses sosial dimana seseorang dipengaruhi oleh suatu lingkungan yang terorganisir, seperti rumah atau sekolah, sehingga dapat mencapai perkembangan diri dan kecakapan sosial. 
Menurut UU No. 20 Tahun 2003: Pengertian pendidikan berdasarkan UU No.20 Tahun 2003 adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar pesertadidik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.  

          Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Etimologi kata pendidikan itu sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu ducare, berarti “menuntun, mengarahkan, atau memimpin” dan awalan e, berarti “keluar”. Jadi, pendidikan berarti kegiatan “menuntun ke luar”. Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pendidikan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah dan kemudian perguruan tinggi, universitas atau magang.

Tujuan Pendidikan 
       Berdasarkan UU No. 2 Tahun 1985 yang berbunyi bahwa tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsadan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan bangsa.
        Berdasarkan MPRS No. 2 Tahun 1960 bahwa tujuan pendidikan adalah membentuk pancasilais sejati berdasarkan ketentuan-ketentuan yang dikehendaki oleh pembukaan UUD 1945 dan isi UUD 945. 
        Berdasarkan UU. No.20 Tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 3, bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.


PERGURUAN TINGGI
         Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi. Peserta didik perguruan tinggi disebut mahasiswa, sedangkan tenaga pendidik perguruan tinggi disebut dosen (wikipedia). adapun juga Perguruan tinggi merupakan kelanjutan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk mempersiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian (UU 2 tahun 1989, pasal 16, ayat (1)). 
Pendidikan tinggi adalah pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dari pada pendidikan menegah di jalur pendidikan sekolah (PP 30 Tahun 1990, pasal 1 Ayat 1)

Tujuan pendidikan tinggi adalah :
1. Mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian.
2.Mengembangkan dan menyebar luaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta mengoptimalkan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional ( UU 2 tahun 1989, Pasal 16, Ayat (1) ; PP 30 Tahun 1990, Pasal 2, Ayat (1) ). 

Menurut jenisnya, perguruan tinggi dibagi menjadi dua:
  • Perguruan tinggi negeri adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah.
contoh nya :


1. Universitas Gadjah Mada

2. Universitas Indonesia

3. Institut Teknologi Bandung
4. Institut Pertanian Bogor
5. Universitas Airlangga
6. Universitas Brawijaya
7. Universitas Diponegoro
8. Universitas Padjadjaran
9. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi
10. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

  • Perguruan tinggi swasta adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pihak swasta.
contoh nya :


1. Universitas Gunadarma

2. Telkom University

3. Universitas Bina Nusantara
4. Uniiversitas Trisakti
5. Universitas Islam Indonesia
6. Universitas Atmajaya Yogyakarta
7. Universitas Pelita Harapan
8. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
9. Institut Teknologi Nasional
10. Universitas Islam Bandung.

     Saya sebagai mahasiswa Gunadarma sekarang ini merasa sangat bangga sekaligus senang sekali karena dapat berkesempatan mendapatkan pendidikan di Perguruan Tinggi Swasta Gunadarma dengan jurusan Sistem Informasi (S1). Walaupun swasta saya masih tetap bersyukur karena yang saya cari adalah ilmu yang berguna untuk kedepan dan juga gelar yang dapat meninggikan derajat saya, saya merasa beruntung karena orang tua saya masih dapat menyekolahkan saya di pts ini,maka dari itu saya sangat berterima kasih kepada orang tua saya yang telah berjuang menyekolahkan saya, melihat dari perjuangan orang tua saya, maka saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang sudah diberikan ini, saya akan memberikan yang terbaik kepada orang tua saya, saya akan terus berusaha untuk mendapatkan salah satu cita-cita saya, yaitu membahagiakan orang tua saya. 


Tugas ISD
Farhan Al Fayyadh (12118504)

sumber :
https://www.kompasiana.com/usahabisnis/5518d569a33311a107b664ea/pengertian-dan-tujuan-perguruan-tinggi
https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan
https://id.wikipedia.org/wiki/Perguruan_tinggi
http://www.artikelsiana.com/2015/08/pengertian-pendidikan-tujuan-manfaat.html

2 Responses to "Pendidikan dan Perguruan Tinggi"