Karya Ilmiah Tentang Bentuk - Bentuk Pasar di Bekasi | Tugas IPS


ABSTRAK
            Pasar merupakan tempat yang tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Keberadaan pasar sangat penting untuk kita dapat bertransaksi kebutuhan kita dengan mudah dalam satu tempat.  Pasar merupakan tempat dimana banyak penjual dan pembeli melakukan transaksi jual beli. Tetapi, banyak yang kita belum mengerti begitu jelas tentang pasar, bentuk-bentuk pasar, dan sebagainya. Maka dari itu penjelasan serta contoh-contoh gambar kami suguhkan agar anda dapat dengan mudah mengerti secara penuh tentang pasar. Metode yang digunakan adalah  Etnografi yakni mewawancarai juga mengobservasi dalam penelitian ini. Dengan dibuatnya karya ilmiah ini semoga pembaca menjadi mengerti secara jelas tentang bentuk-bentuk pasar, dan sebagainya.
















KATA PENGANTAR
            Puji syukur selalu kami panjatkan keharidat allah swt, karena dengan rahmat dan karunianya kami dapat menyelesaikan karya ilmiah ini tentang “Bentuk-Bentuk Pasar”. Ucapan terima kasih kami santunkan kepada guru kami yang memberi tugas ini yaitu Bu Cancer Rina yakni selaku guru ips kami, juga kami berterima kasih kepada orang-orang yang memberikan kami izin untuk meneliti pasar-pasar yang kami datangi.
          Manusia tidak luput dari kesalahan maka dari itu kami mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan karya ilmiah ini, kiritik dan saran sangat kami harapkan bagi anda pembaca makalah ini, untuk perbaikan dimasa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa sarana yang membantu.

Hormat Kami,











Daftar ISI

1.    BAB I       PENDAHULUAN 

1.1       Latar Belakang Masalah
1.2       Perumusan Masalah
1.3    Tujuan Dan Manfaat Penulisan
1.4    Metode Penulisan

2.    BAB II      PEMBAHASAN

2.1    Pengertian Pasar
2.2    Ciri-Ciri Pasar
2.3    Struktur Pasar     
·       Pasar Persaingan Sempurna
·       Persaingan Tidak Sepurna
o   Monopoli
o   Oligopoli
o   Monopolistik
3.    BAB III     PENUTUP 

 3.1   Kesimpulan
 3.2   Saran
 3.3   Daftar Pustaka










BAB I
1.       Pendahuluan
1.1     Latar Belakang masalah
          Pengertian pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara
permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. Jadi setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan penjual, maka akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual.

        Pengertian struktur pasar adalah karakteristik organisasi pasar yang mempengaruhi sifat kompetisi dan harga di dalam pasar

Bentuk-Bentuk Pasar
1. Pasar Persaingan Sempurna
2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Ø  Monopoli
Ø  Oligopoli
Ø  Monopolistik
1.2       Perumusan Masalah
ü  Apa itu Pasar?
ü  Sebutkan Bentuk-Bentuk Pasar?
ü  Apa keburukan dan kebaikan dari bentuk-benuk pasar?
1.3       Tujuan Penulisan
            Sebagai salah satu tugas yang diberikan guru kami, juga sebagai menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang pasar.
1.4       Metode Penulisan
            Metode penelitian ini yang dianggap layak digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian “Etnografi”. Karena itu, walaupun dalam penelitian ini bukan untuk analisis dari kelompok sosial, namun indikator kearah observasi dan wawancara.




BAB II
2.    Pembahasan
2.1      PENGERTIAN PASAR
1. Artian Pasar Secara Umum
            Istilah pasar berasal dari bahasa jawa, yaitu dari kata “Pasaran” yang artinya lima hari. Jadi istilah pasar adalah tempat terjadinya jual beli barang yang diadakan lima hari sekali pada tempat tertentu. Sekarang istilah pasar sering dikenal dalam kalangan awam merupakan tempat jual beli barang kebutuhan sehari – hari.
2. Artian Pasar dalam Ilmu Ekonomi
            Dalam artian sempit, Pasar adalah tempat bertemunya penjual dengan pembeli dan melakukan transaksi untuk menentukan nilai harga dari barang atau jasa. Namun adapula pasar yang tidak mempertemukan pembeli dan penjual secara langsung, contohnya adalah pasar saham, oleh karena itu, Dalam artian luas, Pasar adalah Proses interaksi antara penjual dan pembeli untuk menetapkan harga keseimbangan.
            Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa :
Pasar adalah proses bertemunya penjual dengan pembeli baik secara langsung maupun tidak langsung untuk bertransaksi barang atau jasa dan menetapkan harga keseimbangan sesuai dengan penawaran dan permintaan yang terjadi.
2.2     CIRI – CIRI PASAR
Berdasarkan uraian diatas maka kita dapatkan ciri – ciri pasar adalah sebagai berikut :
  • Adanya calon penjual dan pembeli
  • Adanya barang atau jasa yang hendak diperjualbelikan
  • Adanya Interaksi antara penjual dan pembeli baik secara langsung maupun tidak langsung
  • Adanya proses permintaan dan penawaran oleh kedua pihak
2.3     Struktur Pasar
Dalam dunia nyata, proses tercapainya tingkat harga dan output sangat dipengaruhi oleh struktur pasarnya. Pasar (market) terdiri dari pembeli dan penjual aktual maupun potensial dari suatu produk tertentu. Struktur pasar mengacu kepada lingkungan  persaingan di mana pembeli dan penjual produk tersebut beroperasi.
Biasanya struktur pasar dibagi menjadi empat jenis  Pasar persaingan  sempurna pada kutub ekstrim yang satu, pasar monopoli murni pada kutub ekstrim yang lain, dan pasar persaingan monopolistik serta oligopoli yang berada ditengah-tengahnya. Jenis-jenis struktur atau organisasi pasar ini didefenisikan berdasarkan jumlah serta ukuran pembeli dan pjual bagi produk tersebut, Jenis produk yang dibeli dan dijual (yaitu terstandarisasi atau homogen, berlawanan dengan produk terdiferensiasi), tingkat mobilitas sumber daya (yaitu kemudahan bagi perusahaan atau pemilik  faktor produksi untuk memasuki kondisi permintaan dan penawaran yang dimiliki oleh agen-agen ekonomi (yaitu perusahaan, pemilik faktor produksi, dan konsumen).
Analisa ekonomi membedakan struktur pasar menjadi 2 jenis yaitu : Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar Persaingan Tidak Sempurna
·       Pasar Persaingan Sempurna
Text Box:  
Pasar Tradisional MGT Bekasi
            Pasar persaingan sempurna disebut juga pasar persaingan murni adalah pasar di mana terdapat banyak penjual dan pembeli dan mereka sudah sama-sama mengetahui keadaan pasar.

            Atau dapat pula diartikan bahwa pasar persaingan sempurna adalah pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak, sehingga tidak ada satu pun penjual atau pembeli yang bisa mempengaruhi harga.
            Contoh pasar persaingan sempurna yang telah kami kunjungi dan kami teliti adalah pasr tradisional MGT Bekasi. Mengapa pasar ini disebut pasar persaingan sempurna? Karena, pasar ini sesuai dengan ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna.
Ciri-cirinya Seperti :
Text Box:  
Pasar Tradisional MGT Bekasi
1.Terdapat banyak pembeli, tetapi mereka tidak mampu memengaruhi harga

2.Terdapat banyak penjual

3.Barang dan jasa yang dijual bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan

4.Adanya kebebasan untuk masuk dan keluar dari pasar persaingan sempurna

5.Setiap pihak dapat mengetahui keadaan pasar dengan mudah (perfect information)

6.Adanya kebebasan untuk mengambil keputusan
Kebaikan Pasar Persaingan Sempurna.
Berikut ini adalah Kebaikan pasar persaingan sempurna:

- Pada pasar persaingan sempruna tidak tampak kegiatan saling menyaingi antarpembeli.

- Penjual tidak mungkin mengadakan persaingan harga dengan maksud merebut pasar, karena harga pasar adalah suatu yang harus diterima masing-masing produsen.

- Barang yang ditawarkan penjual akan laku berapa pun jumlahnya tanpa mengalami penurunan harga.

- Tidak mungkin mengugah bentuk barang untuk membuat pasar karena adanya homogenitas barang.

- Informasi tentang pasar telah diketahui oleh saingan usaha dan usaha untuk menyaingi perusahaan lainnya juga tidak menghasilkan apa-apa, karena jumlah saingan sangat tidak terbatas.

- Konsumen tidak perlu beradu tegang tentang tawar-menawar harga barang karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh siapapun.
Keburukan pasar persaingan sempurna
Selain mempunyai beberapa kebaikan, pasar persaingan sempurna mempunyai beberapa keburukan sebagai berikut:

- Tidak mendorong inovasi. Di dalam pasar persaingan sempurna teknologi dapat dicontoh dengan mudah oleh perusahaan lain.

- Membatasi pilihan konsumen, karena barang yang dihasilkan perusahaan-perusahaan adalah seratus persen sama, sehingga membuat konsumen mempunyai pilihan yang terbatas untuk menentukan barang yang akan dikonsumsinya.

- Distribusi pendapatan yang tidak merata/ tidak seimbang.
·       Pasar Persaingan Tidak Sempurna
                  Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar dimana terdapat satu atau beberapa penjual yang menguasai pasar atau harga, serta satu beberapa pembeli yang menguasai pasar atau harga. Pasar persaingan tidak sempurnya memiliki jenis-jenis pasar persaingan tidak sempurna yakni, pasar Monopoli, Oligopoli, dan Monopolistik.

o   Pasar Monopolistik
Pasar Monopoli (mono = satu, poli = penjual)
Definisi
      Bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar dan perusahaan ini tidak mempunyai barang pengganti (substitusi) yang sangat dekat.

Text Box:  
Kantor PLN Mustika Jaya Bekasi
Contoh pada pasar monopoli yang kami temui yaitu PLN Mustika Jaya Bekasi.


      Ciri-ciri
1.Hanya ada satu orang penjual 
2.Terdapat banyak pembeli
3.Produk untuk pasar monopoli tidak mempunyai barang pengganti(substitusi) yang dekat
4.Adanya hambatan untuk masuk ke dalam pasar
  
Secara langsung atau tidak langsung, perusahaan-perusahaan yang mempunyai kesempatan untuk memonopoli suatu pasar, akan berusaha membuat hambatan/ batasan untuk menyulitkan pendatang baru, yakni:
1. Penetapan harga serendah mungkin
2. Adanya kepemilikan terhadap hak paten atau hak cipta dan hak eksklusif
3. Pengawasan yang ketat terhadap agen pemasaran dandistribusi
4. Adanya skala ekonomis yang sangat besar
5. Memiliki sumber daya yang unik

 Penyebab timbulnya pasar monopoli
1.Ditetapkan oleh undang-undang
2.Penggabungan dari berbagai perusahaan
3.Adanya hasil cipta atau karya seseorang

Kebaikan pasar monopoli
1.Menghindari produk tiruan dan persaingan yang tidak bermanfaat
2.Menimbulkan skala ekonomi yang menurunkan biaya produksi
3.Terjaganya kesinambungan stabilitas perusahaan
4.Mendorong penggunaan mesin-mesin generasi terbaru dengan tingkat teknologi tinggi
5.Mendorong peningkatan kinerja departemen penelitian dan pengembangan

Keburukan pasar monopoli
1.Penyalahgunaan kekuatan ekonomi
2.Adanya pelecehan terhadap posisi konsumen
3.Adanya kesenjangan dalam pembagian
4.Tidak adanya persaingan
5.Mengurangi kesejahteraan konsumen

Peran pemerintah dalam pasar monopoli
1.Mencegah timbulnya monopoli itu sendiri
2.Pemberian izin kepada perusahaan baru
3.Menambah penawaran barang dalam negeri dengan jalan impor
4.Pemerintah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET)

o   Pasar Oligopoli
Definisi
Pasar oligopoli adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan.

Text Box:  
Perusahaan Panasonic Bekasi
Jumlah perusahaan pada pasar oligopoli umumnya lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
Pasar Oligopoli yang kami temui adalah Perusahaan Panasonic di Bekasi

Memiliki Ciri-ciri :
1.Terdapat banyak pembeli dipasar
2.Hanya ada beberapa penjual       
3.Produk yang dijual bisa bersifat homogen dan bisa juga berbeda, tetapi  memenuhi  standar tertentu
4.Terdapat hambatan untuk memasuki pasar bagi perusahaan baru
5.Adanya saling ketergantungan
6.Penggunaan iklan sangat efektif

o   Pasar Monopolistik
Text Box:  
Showroom Asia Jaya Motor  yang ada di Narogong Bekasi

Definisi
      Pasar monopolistik adalah suatu pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang serupa, tetapi memiliki perbedaan pada beberapa aspek.

Contohnya adalah Perusahaan Motor/ Yang kami temui adalah showroom Motor yang ada di Narogong Bekasi.

Ciri-ciri
1. Terdapat banyak produsen atau penjual
2. Jenis barang yang dipasarkan berbeda 
3. Adanya kemampuan produsen untuk memengaruhi harga
4. Produsen lain mudah masuk ke dalam pasar
5. Promosi penjualan harus aktif


Kebaikan pasar monopolistik 
1.Barang yang diperdagangkan berbeda, walaupun fungsinya sama
2.Perusahaan terdorong untuk melakukan inovasi
3.Masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik.
Keburukan pasar monopolistik
1.Biaya promosi tinggi
2.Harga barang berada pada tingkat tinggi
























BAB III
3.     PENUTUP
3.1    Kesimpulan
            Dari pemaparan yang telah pemakalah uraian di atas, dapat ditarik beberapa kesimpulan, yaitu:
            pasar adalah tempat terjadinya jual beli barang yang diadakan lima hari sekali pada tempat tertentu. Struktur pasar mempunyai 2 jenis yaitu, pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna.
            Pada Pasar Persaingan Sempurna contohnya : Pasar Tradisional MGT Bekasi
            Pada Pasar Persaingan Tidak Sempurna dibagi menjadi 3 yaitu,
Ø  Pasar Monopoli Contohnya : PLN Mustika Jaya Bekasi
Ø  Pasar Oligopoli Contohnya : Perusahaan Panasonic Bekasi
Ø  Pasar Monoplistik, Contohnya : Showroom Motor Narogong Bekasi
3.2    Saran
            Isi makalah ini belumlah lengkap dan jauh dari kata sempurna, untuk itu sebagai penulis saya mengharapkan kritikan dan saran yang konstruktif dari pembaca sebagai penyempurna dimasa yang akan datang.
3.3    Daftar Pustaka



2 Responses to "Karya Ilmiah Tentang Bentuk - Bentuk Pasar di Bekasi | Tugas IPS "


  1. menang berapapun di bayar
    ayo segera bergabung bersama kami di bandar365*com
    WA : +85587781483

    ReplyDelete
  2. makasih gan, mampir ke blog ane ya

    ReplyDelete