Artificial Intelligence (AI) : Bukalapak



 Hasil gambar untuk logo bukalapak
Definisi AI
Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga intelegensi artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence) atau hanya disingkat AI, didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan kecerdasan buatan sebagai “kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal dengan benar, untuk belajar dari data tersebut, dan menggunakan pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang fleksibel”. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakarpermainan komputer (games), logika fuzzyjaringan saraf tiruan dan robotika.(wikipedia)

Bukalapak
Bukalapak merupakan sebuah situs besar jual-beli online yang update dan terpercaya. Yeaph, jual-beli online, atau bahasa kerennya adalah E-Commerce Website. Pada situs ini, anda dapat menjual dan membeli produk sesuai kebutuhan dan keinginan anda. Dari mulai produk kecil hingga besar, tersedia di situs lapak ini.
Bukalapak merupakan perusahaan e-commerce / online marketplace di Indonesia yang dioperasikan oleh PT. Bukalapak.com sejak tahun 2010 ini menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang nilai valuasinya lebih dari $1 miliar asal Indonesia pada tahun 2017. Acara ulang tahun ke-9 Bukalapak dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.
Pendiri dari bukalapak itu sendiri yaitu Ahmad Zaky(CEO), Muhammad Fajrin Rasyid(Co-Founder), dan Nugroho Herucahyono(Co-Founder).

AI di Bukalapak
Teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan terus mengalami perkembangan. Apalagi, berbagai industri saat ini sudah banyak yang memanfaatkan AI demi membantu mendorong pertumbuhan bisnisnya.
Bukalapak, salah satu startup asal Tanah Air yang bergelar unicorn, sudah sejak lama mengembangkan dan mengimplementasikan AI di berbagai lini bisnis e-commerce-nya.
Ibrahim Arief selaku VP of Engineering, Bukalapak, mengatakan bahwa salah satu implementasi AI di Bukalapak adalah untuk mengembangkan sistem rekomendasi produk. Hal tersebut yang sekiranya juga diterapkan untuk sistem pencegahan penipuan.
AI menjadi salah satu bagian penting dalam kinerja Bukalapak. Sudah ada beberapa teknologi AI yang berjalan di dapur Bukalapak yang membantu kegiatan operasional dan salah satunya adalah untuk pencegahan penipuan. Di Bukalapak, sistem AI mempelajari data transaksi yang diklaim jumlahnya mencapai ukuran petabyte.
Data yang ada di Bukalapak sangat besar dan tim engineer mereka mengembangkan sistem yang mengolah banyak data tersebut. Salah satu hasil olahannya bisa menentukan risiko penipuan dari sebuah transaksi.

Penggunaan AI
Jika pelanggan melihat halaman aplikasi Bukalapak, akan ada daftar produk-produk yang direkomendasikan untuk mereka. Di sinilah AI membantu memberikan rekomendasi produk-produk secara otomatis sesuai preferensi pelanggan
semakin sering seorang pengguna belanja atau browsing di Bukalapak, maka mereka akan semakin mengerti kebutuhan dan preferensi dari pengguna tersebut. Rekomendasi terbaik itu nantinya akan berasal dari perilaku pengguna tersebut.
Soal layanan konsumen, AI membantu mengenali pelapak-pelapak baru yang membutuhkan bantuan untuk mengingatkan terkait pengiriman barang secara on time. Bahkan, email keluhan atau pertanyaan ke tim Bukalapak juga turut dibantu oleh kecerdasan buatan yang membuat Customer Service mereka bisa memberikan respons enam kali lebih cepat dibandingkan sebelumnya.
Selain itu AI di Bukalapak dapat membantu menyaring gambar-gambar produk yang tidak aman untuk ditampilkan, dan sebagainya.
Sebagai bentuk hasilnya, teknologi AI telah berkontribusi pada transaksi pembelian sebesar Rp300 milyar per bulan

Keuntungan AI
  • ·         AI dapat membantu Pelanggan merekomendasikan pilihan barang-barang yang ada di Bukalapak
  • ·         AI dapat membantu Mengenali pelapak baru yang butuh bantuan serta mengingatkan terkait pengirman barang.
  • ·        AI dapat membantu CS atau Customer Service dalam memberikan informasi tentang masalah-masalah seperti keluhan, pertanyaan yang akan di ajukan ke Bukalapak.
  • ·         AI dapat membantu menyaring gambar-gambar yang tidak pantas atau tidak elok untuk dilihat/ ditampilkan untuk umum.
  • ·         AI dapat membantu mengatur transaksi-transaksi yang sangat banyak di Bukalapak.
  • ·         AI dapat meningkatkan produktivitas sesorang dalam pekerjaannya



Kekurangan AI
  • ·         AI tidak memiliki kemampuan mengembangkan pengetahuan, pengembangan pengetahuan pada Artificial Intelligence tergantung pada sistem yang dibangun.
  • ·         Tidak memiliki Common Sense. Common Sense adalah kemampuan yang tidak hanya sekedar memproses sebuah informasi, melainkan mengerti akan informasi tersebut.
  • ·         Kecerdasan yang ada pada Artificial Intelligence tergantung pada apa yang diinput oleh programer (terbatas pada suatu program).



Kesimpulan
AI merupakan teknologi yang sangat berguna dalam melakukan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh manusia, AI tidak menggantikan fungsi manusia namun membantu manusia melakukan pekerjaannya. Dengan adanya AI dapat meningkatkan produktivitas sesorang dalam pekerjaannya. Sentuhan manusia wajib ada meskipun menggunakan AI, terutama untuk customer service. Dengan AI, manusia dapat memahami permasalahan secara lebih cepat dan menemukan solusi lebih cepat. AI berfungsi memberikan support kepada manusia untuk memahami dan mengambil keputusan secara lebih cepat supaya konsisten dan efektif.


Tugas Inovasi SI & New Technology
Nama : Farhan Al Fayyadh(12118504)
Kelas : 2KA22


S :
https://infokomputer.grid.id/read/121805513/dengan-teknologi-ai-bukalapak-mampu-tingkatkan-customer-experience
https://id.techinasia.com/kontribusi-teknologi-ai-pada-bukalapak
https://edukasi.kompas.com/read/2019/02/01/20215101/kolaborasi-bukalapak-dan-itb-bangun-laboratorium-ai-pertama-indonesia

0 Response to "Artificial Intelligence (AI) : Bukalapak"

Post a Comment