Inovasi Aplikasi Eatigo / Tempat Reservasi Online

Pernah ga sih kalau dateng ke restoran trus kehabisan tempat duduk? pasti mengecewakan banget kan... nah sekarang udh ga lagi nih, dengan Eatigo kita bisa memesan/reservasi tempat dulu sebelum datang ke restorannya, jadi kita bisa dengan tenang dateng ke restoran tanpa takut ga kebagian tempat duduk. untuk yang penasaran apa itu Eatigo langsung aja ya penjelasannya ada di bawah..

Hasil gambar untuk eatigo

Eatigo
Eatigo merupakan aplikasi untuk memesan tempat di restoran, platform reservasi restoran online asal Thailand yang telah didirikan pada taun 2013 ini, sekarang Eatigo telah resmi masuk Indonesia semenjak akhir 2018. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu restoran yang menghadapi masalah kursi kosong di jam lengang (offf-peak) dan menghubungkannya dengan pelanggan dengan cara menawarkan diskon berbasis waktu (time-based) setiap hari.

Cara Kerja
Cara kerja Eatigo adalah memanfaatkan manajemen hasil (yield management) melalui diskon berbasis waktu. Eatigo membantu restoran mengubah permintaan dan membentuk traffic pengunjung dengan cara memaksimalkan kapasitas dan meningkatkan profitabilitas mereka. Besaran diskon berkisar antara 10-50 persen tergantung pada jam-jam tertentu yang ditentukan oleh restoran untuk meningkatkan traffic. “Eatigo bisa mendatangkan pengunjung restoran di jam yang sepi, apakah waktu makan yang lebih awal atau akhir karena termotivasi oleh diskon,” tambah Cluzel.

Sebab dibuatnya Inovasi ini
Menurut CEO Eatigo International Pte. Ltd Michael Cluzel, kursi-kursi kosong di saat off peak adalah hal yang tidak efisien bagi restoran karena terdapat fixed cost yang ditanggung restoran seperti sewa tempat dan gaji karyawan. “Biasanya restoran hanya hanya ramai di saat makan siang dan makan malam. Kami berusaha untuk meningkatkan utilisasi restoran dengan mendistribusikan secara merata kehadiran pengunjung di jam yang sepi,” ujar Cluzel saat peluncuran Eatigo Indonesia di kawasan SCBD, Jakarta, (22/1/2019).

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Euromonitor, walaupun penjualan restoran di Asia mencapai US$100 miliar, namun kapasitas makan di tempat (eat-in) hanya terisi 35 persen. Eatigo membantu restoran untuk mengubah kursi kosong menjadi profit, utamanya pada jam-jam off-peak.

Pencapaian
Sejak mulai live pada pertengahan Desember 2018 lalu, Eatigo sudah bekerjasama dengan lebih dari 250 restoran di Jabodetabek. Kehadiran Eatigo berhasil mendatangkan ribuan pengunjung dalam 10 hari pertama di lima restoran seperti Shabu Jin, Fonzu, Ritz Carlton, Korbeq dan Seorae. Sejumlah restoran yang menjadi partner Eatigo sudah merasakan kenaikan jumlah pengunjung 30-50 persen.

Eatigo didirikan pada tahun 2013 yang kini telah menjangkau Hong Kong, Singapura, Thailand, Malaysia, India, Filipina. Eatigo telah menerima total pendanaan sebesar US$ 25,5 juta, termasuk di antaranya pendanaan ronde terakhir dari TripAdvisor. Penggunanya saat ini sudah mencapai 5 juta orang yang tersebar di beberapa negara. Sementara, mitra restoran yang bekerja sama sebanyak 5.000 restoran.

Fitur Penelusuran Restoran
Eatigo merupakan aplikasi untuk memesan tempat di restoran, pencarian bisa dilakukan berdasarkan nama lokasi, jenis makanan dan juga nama restoran. Jika tak ada ide, bisa juga menelusuri restoran berdasarkan kategori, top 50 (berdasarkan rating restoran), new, dan a-z (berdasarkan nama restoran sesuai alfabet).
Penelusuran restoran dengan Eatigo

Jika memilih berdasarkan kategori, maka pilihannya mencakup buffet/all you can eat, top picks, hotpot/shabu shabu, date night, smoking permitted, bar, vietnamese, dessert & bakes, bbq/meat lovers, café & brunch, lunch specials, japanese, korean chinese, continental european, multi cuisine, indonesian, healthier options, halal options, family/group, kuningan+setiabudi, senayan+scbd+senopati, west jakarta, kemang, kebayoran, central jakarta, central park+taman anggrek, sunter+klp gading+bekasi, tangerang, bogor+depok, pik+pluit+muara karang, asian mix, bugils group, hokkaido baked cheese tart, seorae, hong tang, dan i-ta suki.

Pencarian restoran juga bisa dilakukan berdasarkan peta. Misalnya malas pergi jauh, bisa mencari restoran yang terdekat, lengkap dengan cuplikan persentase diskon.
Penelusuran restoran berdasarkan lokasi dan waktu dengan Eatigo

Jika masih belum bisa memutuskan ingin reservasi di restoran mana, kamu masih bisa memilah-milah berdasarkan menu dan harga juga lho. Jadi tidak perlu khawatir salah reservasi ke restoran mahal padahal budget terbatas.

Langkah Reservasi Restoran dengan Eatigo
Tentu saja hal paling awal yang perlu dilakukan adalah mendaftar atau membuat akun Eatigo terlebih dahulu, bisa melalui web ataupun aplikasi. Bagi yang ingin menggunakan Eatigo dari aplikasi, maka dapat mengunduhnya langsung dari Google Play Store atau App Store. Pendaftaran bisa dilakukan dengan menggunakan email atau akun Facebook. Kemudian pilih restoran yang diinginkan, penelusuran bisa dilakukan berdasarkan beberapa cara yang telah dibahas sebelumnya.
langkah reservasi dengan Eatigo

Apabila sudah menetapkan pilihan tentukan jumlah orang yang akan makan dan jadwal kedatangan. Bisa juga mencari slot jam yang sesuai berdasarkan besarnya diskon. Diskonnya bisa sampai 50%, dan bisa mendapat diskon tambahan juga untuk pengguna baru, cukup masukkan kode yang tersedia di banner. Dan jika sudah mendapatkan kode reservasi nya, kita hanya tinggal datang ke restoran dengan waktu yang tadi ditentukan dan memberikan kode tersebut ke pegawai yang ada di restoran.

Kelebihan
Kita dapat dengan mudah memesan tempat dengan sistem Online dalam waktu yang telah ditentukan, kita juga mendapatkan rekomendasi-rekomendasi makanan serta restoran yang ada di sekitar kita. juga yang paling menguntungkan dengan Eatigo ini kita bisa mendapatkan diskon dan voucher untuk kita makan, yang pastinya sangat menguntungkan bagi kita.

Kekurangan
Masih banyak restoran yang belum terdaftar di aplikasi ini, juga menu yang didaftarkan belum semua ada di aplikasi ini.

Kesimpulan
Sekarang kita tidak perlu takut akan kehabisan tempat duduk di sebuah restoran, karena sekarang sudah ada Eatigo yang dapat mereservasi tempat. Dengan ada nya Eatigo ini merupakan Inovasi baru yang sangat berguna bagi kita yang ingin makan di restorant tanpa takut kehabisan tempat. Selain itu Eatigo juga memberikan kita sebuah potongan harga/diskon juga voucher yang membuat kita tidak mengeluarkan uang lebih banyak, jadi kita bisa lebih hemat. Eatigo juga bisa menjadi suatu Inovasi dalam merekomendasikan sebuah restoran atau pun makanan untuk kita yang kebingungan dalam menentukan makanan. Juga untuk pemilik restoran akan terbantu juga dengan inovasi ini, karena dengan inovasi ini pasti akan banyak pelanggan yang datang ke restoran.

S : https://gizmologi .id/review/eatigo/

Review Inovasi Aplikasi Eatigo
Nama : Farhan Al Fayyadh (12118504)
Kelas : 2KA22

0 Response to "Inovasi Aplikasi Eatigo / Tempat Reservasi Online"

Post a Comment