Information Tecnology Infrastructure Library

Hasil gambar untuk apa itu it infrastructure library blog
Information Tecnology Infrastructure Library adalah sebuah rangkaian Konsep dan teknik pengelolaan infastructure, pengembangan serta pengoprasian teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan oleh sebuah buku yang masing-masing didalamnya membahas sautu topik pengelolaan Teknologi Informasi. Nama ITIL dan IT Ifrastructure Liberary merupakan merek sebuah produk terdaftar dari Office Government commerce(OGC) Britania raya. ITIL memberikan dekripsi detail tentang praktik penting dengan daftar Cek, tugas dan prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis Organisasi TI.

Walaupun dekembangkan pada tahun 1980-an, pengguna ITIL baru meluas pada pertengahan 1990-an dengan vresi ke-2 yaitu ITIL v2 yang paling dikenal dengan 2 set bukunya yang berhubungan dengan ITSM(IT Service Management), yaitu jasa antar layanan dan pendukung pelayanan. Setelah itu pada tanggal 30 Juni 2007, OGC menerbitkan versi ke-3 yaitu ITIL v3 yang intinya terdiri dari lima bagian dan menekankan pada pengelolaan siklus hidup layanan oleh IT.

5 Bagian-bagian tersebut adalah :
- Service Strategy
- Service Design
- Service Transition
- Service Operation
- Optional Service Improvement
 
Kelima bagian tersebut disusun dalam bentuk sebuah buku, atau biasa disebut Core Guidance Publications. Isi setiap buku dalam kelompok utama berisi :
1. Practice fundamentals
menjelaskan latar belakang tahapan lifecycle serta kontribusinya terhadap pengelolaan layanan TI secara keseluruhan.
2. Practice principles
menjelaskan konsep-konsep kebijakan serta tata kelola tahanan  lifecycle yang menjadi acuan setiap proses terkait dalam tahapan ini.
3. Lifecycle processes and activities
menjelaskan berbagai proses maupun aktivitas yang menjadi  kegiatan utama tahapan lifecycle. Misalnya proses financial  management dan demand management dalam tahapan Service Strategy.
4. Supporting organization structures and roles
proses-proses ITIL tidak akan dapat berjalan dengan baik tanpa defini roles dan responsibilities. Bagian ini menjelaskan semua aspek yang terkait dengan  kesiapan model dan struktur organisasi.
5. Technology considerations
menjelaskan solusi-solusi otomatisasi atau software ITIL yang dapat digunakan pada tahapan lifecycle, serta persyaratannya.
6. Practice Implementation
 berisi acuan/panduan bagi organisasi TI yang ingin  mengimplementasikan atau yang ingin meningkatkan proses-proses  ITIL.
7. Complementary guideline
berisi acuan model-model best practice lain selain ITIL yang dapat  digunakan sebagai referensi bagian tahapan lifecycle.
8. Examples and templates
berisi template maupun contoh-contoh pengaplikasian proses.

Siklus Layanan ITIL : Adalah ke-5 bagian yang ada diatas biasa disebut juga sebagai bagian dari sebuah siklus, biasa dikenal dengan siklus layanan ITIL.

Masing-masing bagiannya adalah sebagai berikut:

1. Service Strategy Inti dari ITIL Service Lifecycle
          Adalah sebuah strategi dalam memberikan panduan kepada pengimplementasi ITSM bagaimana cara kita memandang sebuah konsep yang bukan hanya sebagai sebuah kempuan dalam organisasi yang didalamnya memberika pengelolaan serta pengoprasian layanan TI. Dan juga sebagai sebuah asset dalam perusahaan.

Topik yang dibahas Lifecylce adalah mencakup bagaimana kita membentuk sebuah pasar untuk menjual sebuah layanan tipe-tipe dan karakteristik penyediaan layanan internal dan eksternal, Topik-topiknya bias berupa :

1. Service Portfolio Management
2. Financial Management
3. Demand Management

2. Service Design
         Adalah sebuah pelayanan TI yang dapat memberikan maafaat kepada pihak bisnis, dimana memberikan sebuah pandian kepada organisasi TI untuk mendesign atau membangun sebuah layanan TI maupun implementasi ITSM itu sendiri.Service Design berisikan sebuah prinsip-prinsip dan metode metode design untuk mengkonversi tujuan-tujuan strategis organisasi TI dan bisnis menjadi protofolio/koleksi layanan TI serta aset layanan seperti server, storage dan lain sebagainya, untuk proses-proses design mencakup beberapa yaitu:

1. Service Catalog Management
2. Service Level Management
3. Supplier Management
4. Capacity Management
5. Availability Management
6. IT Service Continuity Management
7. Information Security Management

3. Service Transaction
        Adalah merupakan penyedia panduan kepada Organisasi TI untuk mengembangkan dan kemampuan untuk mengubah hasil dari design yang sudah dibuat baik baru maupun yang sudah ada di upgrade spesifikasi didalam lingkungan oprasionalnya. Proses-proses Service transaction terdiri dari :

1. Transition Planning and Support
2. Change Management
3. Service Asset & Configuration Management
4. Release & Deployment Management
5. Service Validation
6. Evaluation
7. Knowledge Management

4. Service Operation
       Adalah merupakan bagian dari tahapan lifecycle yang mencakup semua kegiatan oprasional harian dengan layanan-layanan TI. Yang didalamnya terdiri dari bagai mana mengelola layanan TI secara efisien dan efektif serta menjamin tingkat kinerja yang telah diperjanjikan dengan pelanggan sebelumnya. Panduan-panduan ini mencakup bagaimana cara menjaga stabilitas operasi layanan TI serrta mengelola peubahan design.Didalam proses-proses service transaction terdiri dari :

1. Event Management
2. Incident Management
3. Problem Management
4. Request Fulfillment
5. Access Management

5. Continual Service Improvement Contiual Service Improvement (CSI)
            Adalah memberikan panduan penting dalam tat acara menyusun serta memelihara kualitas layanan dari proses design, transisi dan pengorprasiannya. CSI menggabungkan berbagai prinsip dan metode dari manajemen kualitas salah satunya adalah Plan-Do-Check-Act (PDCA) atau yang dikenal sebagai Deming Quality Cycle.

Kesimpulannya :
Bahwa Information Tecnology Infrastructure Library adalah sebuah rangkaian Konsep dan teknik pengelolaan infastructure, pengembangan serta pengoprasian teknologi informasi (TI).
Kemudian Buku Rangkaian terdiri dari 3 versi :
versi pertama yaitu tahun 1980,
kemudian versi kedua tahun 1990,
kemudian yang terakhir yaitu versi ketiga tahun 2007.

Dan didalam buku tersebut terdiri dari 5 bagian-bagiannya yaitu :
 * Service Strategy
 * Service Design
 * Service Transition
 * Service Operation
 * Optional Service Improvement Yang merupakan bagian-bagian dari konsep dan teknik pengelolaan infrastructure dan merupakan pengelolaan Teknologi Informasi (TI). 

  Sumber:


0 Response to "Information Tecnology Infrastructure Library"

Post a Comment