[RANGKUMAN ARTIKEL] Aplikasi Chatbot Objek Wisata Jawa Timur Berbasis AIML

RANGKUMAN ARTIKEL

Aplikasi Chatbot Objek Wisata Jawa Timur Berbasis AIML

Disusun Oleh:


Farhan Al Fayyadh (12118504) 3KA22




SISTEM INFORMASI

FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI

UNIVERSITAS GUNADARMA

PTA 2020/2021

 

Judul              : Aplikasi Chatbot Objek Wisata Jawa Timur Berbasis AIML

Volume           : Vol.3 No.2 2017

Tahun             : 2017

Penulis            : Suryani, Dhebys dan Eka Larasati Amalia

Riviewer         : Farhan Al Fayyadh

Tanggal          : 02 Desember 2020


Assalamualaiku wr wb...

Sebelumnya saya berterima kasih kepada bapak Imam Ahmad Trinugroho, ST., MMSI sebagai dosen pengampu saya juga sekaligus menjadi pembimbing rangkuman artikel/jurnal ini dan juga tak lupa juga saya berterima kasih kepada para pembaca karena telah meluangkan waktunya untuk membaca sebuah tulisan yang merangkum sebuah artikel Artificial Intelligence (AI).

Sebelum membahas artikel yang saya temukan diinternet, saya akan menjelaskan sedikit tentang AI atau Artificial Intelligence. Apa itu AI? Menurut sas.com “Kecerdasan buatan (AI) memungkinkan mesin untuk belajar dari pengalaman, menyesuaikan input-input baru dan melaksanakan tugas seperti manusia.”. Jadi bisa dibilang AI adalah science untuk membuat komputer dapat meniru cara berpikir dan bertindak seperti manusia.

Sekarang saya ingin menjelaskan juga Sejarah AI ini, Program kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence pertama kali dicetuskan pada tahun 1951an. AI sendiri pertama kali digunakan di University of Manchester untuk menjalankan sebuah mesin bernama Ferranti Mark 1.

Beberapa waktu kemudian, Christopher Strachey melanjutkan konsep kecerdasan buatan untuk menjalankan sebuah permainan catur, dimana bidak catur tersebut dapat berjalan secara otomatis dan mampu bermain melawan manusia sungguhan.

Berlanjut pada tahun 1956, kecerdasan buatan tidak hanya dibuat untuk memudahkan bermain catur saja. Melainkan pada saat konferensi pertamanya, John McCharty menamai algoritma teknologi tersebut dengan sebutan “Artificial Intelligence”.

Terakhir, konsep dan teknologi kecerdasan buatan disempurnakan oleh seorang pakar kecerdasan buatan, yaitu Alan Turin. Pada saat itu, Alan Turin meneliti dan menguji coba algoritma AI yang diberi nama dengan “Turing Test”. Hingga seiring berkembangnya waktu, konsep teknologi AI banyak digunakan di berbagai teknologi baik itu multimedia, search engine, dan masih banyak lainnya. Rasanya itulah sekilas mengenai sejarah AI yang diramalkan akan membuat kemajuan teknologi dengan sangat luar biasa.

Setelah mengetahui tentang sejarah AI selanjutnya saya akan membahas tentang Konsep Dasar AI, konsep dasar pada AI menurut idmetafora.com ini ada 3 yaitu pembelajaran mesin (Machine Learning), pembelajaran mendalam (Deep Learning), dan jaringan saraf tiruan (Neural Network).

·         Pembelajaran Mesin (Machine Learning)

Merupakan cabang dari Artificial Intelligence dengan kemampuan mesin untuk mengakses data yang ada dengan perintah mereka sendiri. Machine Learning juga mampu mempelajari data yang ada dan melakukan tugas-tugas tertentu.

·         Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)

Teknik pembelajaran mesin yang mengajarkan komputer untuk melakukan apa yang secara alami terjadi pada manusia: belajar dengan cara mencontoh.

·         Jaringan Saraf Tiruan (Neural Network)

Neural Network atau juga disebut sebagai jaringan saraf tiruan adalah berbagai teknologi pembelajaran yang mendalam, yang juga berada di bawah naungan kecerdasan buatan atau AI. Neural Network adalah paradigma pemrosesan informasi yang terinspirasi dari cara sistem saraf biologis, seperti otak yang memproses informasi. Kunci elemen dari paradigma ini adalah struktur novel dari sistem pemrosesan informasi.

Ketiga konsep AI ini dapat memungkinkan robot hardware dan software untuk berpikir dan bertindak secara dinamis di luar dari kode yang sudah diberikan. Dengan memahami konsep dasar diatas maka akan membawa AI menuju masa depan yang lebih cerdas dari yang terbayangkan.

Sekarang kita masuk ke Penjelasan dan contoh studi kasus di dunia nyata tentang bidang AI, salah satunya adalah artikel yang ingin saya rangkum yakni dengan judul “Aplikasi Chatbot Objek Wisata Jawa Timur Berbasis AIML” yang ditulis oleh Dhebys Suryani dan Eka Larasati Amalia pada tahun 2017. Berdasarkan hasil pemahaman saya, penelitian ini dibuat disebabkan peneliti melihat sistem yang digunakan pada objek wisata yang ada di Jawa Timur masih menggunkan sistem manual, karena dirasa kurang efektif dan efisien, maka peneliti ingin mengembangkan sebuah aplikasi chatbot berbasis AIML (Artificial Intelligence Markup Language).

Tujuan dibuat nya penelitian tersebut adalah untuk menciptakan suatu aplikasi yang nantinya dapat memberikan informasi objek wisata dengan melakukan tanya jawab layaknya model diskusi kepada para wisatawan. Yang dimana aplikasi tsb menggunakan bahasa sehari-hari atau bahasa alami (natural language) yang merupakan media yang digunakan manusia untuk berkomunikasi.

Dalam artikel tersebut juga menjelaskan mengenai teori-teori yang berhubungan dalam pembuatan aplikasi tersebut. Selain itu proses pembuatan juga dijelaskan yang dimulai dari kebutuhan perangkat keras dan lunak, perancangan sistem, pembuatan DFD (Data Flow Diagram), Flowchart, hingga Implementasi.

Dalam pembuatan sistem database penulis membuat sebanyak 9 tabel diantaranya table aiml, aiml_log, aiml_userdefined, bots, botspersonality, conversation_log, client_properties, srai_lookup, dan user.

Pada pengujian aplikasi, peneliti menguji aplikasi untuk mencari seberapa akurat jawaban yang mampu diberkan oleh sistem. Dengan memberikan beberapa pola pertanyaan yang jawabannya merujuk satu jawaban. Salah satu contoh pertanyaan adalah “Dimana posisi lokasi coban pelangi” lalu jawaban sistem adalah “Lokasi Coban Pelangi berada di desa Poncokusumo dengan jarak sekitar 32 km dari Kota Malang”.

Hasil dari penelitian ini adalah didapat sebuah aplikasi yang diberi nama SICHAPAR yang dapat memberikan informasi informasi wisata, lokasi wisata, harga tiket wisata, rute wisata, fasilitas wisata yang ada pada Jawa Timur. Aplikasi tersebut memiliki 12 Halaman diantaranya adalah Halaman awal user, chat dengan sichapar, tampilan admin, home super admin, home admin, admin, upload AIML, download AIML, serach/edit AIML, add AIML, AIML log, dan conversation log.

 

DAFTAR PUSTAKA

Suryani, Dhebys dan Eka Larasati Amalia. 2017. Aplikasi Chatbot Objek Wisata Jawa Timur Berbasis AIML. Link: https://core.ac.uk/download/pdf/231315377.pdf, Diakses pada 02 Desember 2020.

sas.com. 2019. Artificial Intelligence/Kecerdasan Buatan – Apa itu dan mengapa hal itu penting | SAS. Link: https://www.sas.com/id_id/insights/analytics/what-is-artificial-intelligence.html, Diakses pada 02 Desember 2020.

Abdi, Rifaldo Surya. 2018. Apa itu Artificial Intelligence (AI)? Beserta Sejarah, dan Contoh-Contoh AI. Link: https://www.indoworx.com/apa-itu-ai/, Diakses pada 02 Desember 2020.

idmetafora.com. 2018. Mengenal 3 Konsep Dasar Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) IDMETAFORA Web Developer - Jasa Pembuatan Website. Link: https://idmetafora.com/news/read/318/mengenal-3-konsep-dasar-kecerdasan-buatan-artificial-intelligence.html, Diakses pada 02 Desember 2020.


0 Response to "[RANGKUMAN ARTIKEL] Aplikasi Chatbot Objek Wisata Jawa Timur Berbasis AIML"

Post a Comment