RANGKUMAN
ARTIKEL
Aplikasi
Chatbot Objek Wisata Jawa Timur Berbasis AIML
Disusun Oleh:
Farhan
Al Fayyadh (12118504) 3KA22
SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI
INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2020/2021
Judul : Aplikasi Chatbot Objek Wisata
Jawa Timur Berbasis AIML
Volume : Vol.3 No.2 2017
Tahun : 2017
Penulis : Suryani, Dhebys dan Eka Larasati
Amalia
Riviewer : Farhan Al Fayyadh
Tanggal : 02 Desember 2020
Assalamualaiku
wr wb...
Sebelumnya
saya berterima kasih kepada bapak Imam Ahmad Trinugroho, ST., MMSI sebagai
dosen pengampu saya juga sekaligus menjadi pembimbing rangkuman artikel/jurnal
ini dan juga tak lupa juga saya berterima kasih kepada para pembaca karena
telah meluangkan waktunya untuk membaca sebuah tulisan yang merangkum sebuah
artikel Artificial Intelligence (AI).
Sebelum
membahas artikel yang saya temukan diinternet, saya akan menjelaskan sedikit
tentang AI atau Artificial Intelligence. Apa itu AI? Menurut sas.com “Kecerdasan
buatan (AI) memungkinkan mesin untuk belajar dari pengalaman, menyesuaikan
input-input baru dan melaksanakan tugas seperti manusia.”. Jadi bisa dibilang
AI adalah science untuk membuat komputer dapat meniru cara berpikir dan
bertindak seperti manusia.
Sekarang
saya ingin menjelaskan juga Sejarah AI ini, Program kecerdasan buatan
atau Artificial Intelligence pertama kali dicetuskan pada tahun 1951an. AI
sendiri pertama kali digunakan di University of Manchester untuk menjalankan
sebuah mesin bernama Ferranti Mark 1.
Beberapa
waktu kemudian, Christopher Strachey melanjutkan konsep kecerdasan buatan untuk
menjalankan sebuah permainan catur, dimana bidak catur tersebut dapat berjalan
secara otomatis dan mampu bermain melawan manusia sungguhan.
Berlanjut
pada tahun 1956, kecerdasan buatan tidak hanya dibuat untuk memudahkan bermain
catur saja. Melainkan pada saat konferensi pertamanya, John McCharty menamai
algoritma teknologi tersebut dengan sebutan “Artificial Intelligence”.
Terakhir,
konsep dan teknologi kecerdasan buatan disempurnakan oleh seorang pakar
kecerdasan buatan, yaitu Alan Turin. Pada saat itu, Alan Turin meneliti dan
menguji coba algoritma AI yang diberi nama dengan “Turing Test”. Hingga seiring
berkembangnya waktu, konsep teknologi AI banyak digunakan di berbagai teknologi
baik itu multimedia, search engine, dan masih banyak lainnya. Rasanya itulah
sekilas mengenai sejarah AI yang diramalkan akan membuat kemajuan teknologi
dengan sangat luar biasa.
Setelah
mengetahui tentang sejarah AI selanjutnya saya akan membahas tentang Konsep
Dasar AI, konsep dasar pada AI menurut idmetafora.com ini ada 3 yaitu
pembelajaran mesin (Machine Learning), pembelajaran mendalam (Deep Learning),
dan jaringan saraf tiruan (Neural Network).
·
Pembelajaran Mesin (Machine Learning)
Merupakan
cabang dari Artificial Intelligence dengan kemampuan mesin untuk mengakses data
yang ada dengan perintah mereka sendiri. Machine Learning juga mampu
mempelajari data yang ada dan melakukan tugas-tugas tertentu.
·
Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)
Teknik
pembelajaran mesin yang mengajarkan komputer untuk melakukan apa yang secara
alami terjadi pada manusia: belajar dengan cara mencontoh.
·
Jaringan Saraf Tiruan (Neural
Network)
Neural
Network atau juga disebut sebagai jaringan saraf tiruan adalah berbagai
teknologi pembelajaran yang mendalam, yang juga berada di bawah naungan
kecerdasan buatan atau AI. Neural Network adalah paradigma pemrosesan informasi
yang terinspirasi dari cara sistem saraf biologis, seperti otak yang memproses
informasi. Kunci elemen dari paradigma ini adalah struktur novel dari sistem
pemrosesan informasi.
Ketiga
konsep AI ini dapat memungkinkan robot hardware dan software untuk berpikir dan
bertindak secara dinamis di luar dari kode yang sudah diberikan. Dengan
memahami konsep dasar diatas maka akan membawa AI menuju masa depan yang lebih
cerdas dari yang terbayangkan.
Sekarang
kita masuk ke Penjelasan dan contoh studi kasus di dunia nyata tentang
bidang AI, salah satunya adalah artikel yang ingin saya rangkum yakni dengan
judul “Aplikasi Chatbot Objek Wisata Jawa Timur Berbasis AIML” yang
ditulis oleh Dhebys Suryani dan Eka Larasati Amalia pada tahun 2017.
Berdasarkan hasil pemahaman saya, penelitian ini dibuat disebabkan peneliti melihat
sistem yang digunakan pada objek wisata yang ada di Jawa Timur masih menggunkan
sistem manual, karena dirasa kurang efektif dan efisien, maka peneliti ingin
mengembangkan sebuah aplikasi chatbot berbasis AIML (Artificial Intelligence
Markup Language).
Tujuan
dibuat nya penelitian tersebut adalah untuk menciptakan suatu aplikasi yang
nantinya dapat memberikan informasi objek wisata dengan melakukan tanya jawab
layaknya model diskusi kepada para wisatawan. Yang dimana aplikasi tsb
menggunakan bahasa sehari-hari atau bahasa alami (natural language) yang
merupakan media yang digunakan manusia untuk berkomunikasi.
Dalam
artikel tersebut juga menjelaskan mengenai teori-teori yang berhubungan dalam
pembuatan aplikasi tersebut. Selain itu proses pembuatan juga dijelaskan yang
dimulai dari kebutuhan perangkat keras dan lunak, perancangan sistem, pembuatan
DFD (Data Flow Diagram), Flowchart, hingga Implementasi.
Dalam
pembuatan sistem database penulis membuat sebanyak 9 tabel diantaranya table
aiml, aiml_log, aiml_userdefined, bots, botspersonality, conversation_log,
client_properties, srai_lookup, dan user.
Pada
pengujian aplikasi, peneliti menguji aplikasi untuk mencari seberapa akurat
jawaban yang mampu diberkan oleh sistem. Dengan memberikan beberapa pola
pertanyaan yang jawabannya merujuk satu jawaban. Salah satu contoh pertanyaan
adalah “Dimana posisi lokasi coban pelangi” lalu jawaban sistem adalah “Lokasi
Coban Pelangi berada di desa Poncokusumo dengan jarak sekitar 32 km dari Kota
Malang”.
Hasil
dari penelitian ini adalah didapat sebuah aplikasi yang diberi nama SICHAPAR
yang dapat memberikan informasi informasi wisata, lokasi wisata, harga tiket
wisata, rute wisata, fasilitas wisata yang ada pada Jawa Timur. Aplikasi
tersebut memiliki 12 Halaman diantaranya adalah Halaman awal user, chat dengan
sichapar, tampilan admin, home super admin, home admin, admin, upload AIML,
download AIML, serach/edit AIML, add AIML, AIML log, dan conversation log.
DAFTAR
PUSTAKA
Suryani,
Dhebys dan Eka Larasati Amalia. 2017. Aplikasi Chatbot Objek Wisata Jawa
Timur Berbasis AIML. Link: https://core.ac.uk/download/pdf/231315377.pdf,
Diakses pada 02 Desember 2020.
sas.com.
2019. Artificial Intelligence/Kecerdasan Buatan – Apa itu dan
mengapa hal itu penting | SAS. Link: https://www.sas.com/id_id/insights/analytics/what-is-artificial-intelligence.html,
Diakses pada 02 Desember 2020.
Abdi,
Rifaldo Surya. 2018. Apa itu Artificial Intelligence (AI)? Beserta Sejarah,
dan Contoh-Contoh AI. Link: https://www.indoworx.com/apa-itu-ai/,
Diakses pada 02 Desember 2020.
idmetafora.com.
2018. Mengenal 3 Konsep Dasar Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
IDMETAFORA Web Developer - Jasa Pembuatan Website. Link: https://idmetafora.com/news/read/318/mengenal-3-konsep-dasar-kecerdasan-buatan-artificial-intelligence.html,
Diakses pada 02 Desember 2020.
0 Response to "[RANGKUMAN ARTIKEL] Aplikasi Chatbot Objek Wisata Jawa Timur Berbasis AIML"
Post a Comment