Reaksi Kimia Inti Contoh Pengertian Perbedaan



Pengertian Reaksi Inti Atom atau Reaksi Nuklir.
Reaksi inti merupakan perubahan suatu inti atom menjadi inti atom lainnya dengan disertai muncunya energi yang sangat besar. Supaya terjadi reaksi inti diperlukan partikel lain yang dapat menggangu kesetimbangan inti atom sehingga inti akan terpecah menjadi dua inti baru. Partikel yang digunakan untuk mengganggu kesetimbangan ini adalah partikel proton dan neutron.
Reaksi inti terjadi ketika inti atom ditembak atau ditumbuk dengan partikel yang memiliki energi tinggi.  Tumbukan antara inti atom dengan partikel penembak akan mengakibatkan terbentuknya inti baru yang berbeda dengan inti asal. Inti baru ini disebut sebagai inti transmutasi.
Pengertian Reaksi Fisi.
Reaksi Fisi adalah reaksi pembelahan inti berat menjadi inti – inti yang lebih ringan dengan disertai pelepasan energi. Inti – inti baru hasil reaksi ini disebut sebagai fragmen fisi. Fisi dapat terjadi spontan atau sebagai akibat irradiasi neutron.
Reaksi fisi melepaskan sejumlah energi yang setara dengan selisih antara massa diam neutron dan hasil fisi dengan jumlah massa diam inti awal.
Contoh Reaksi Fisi
Contoh reaksi fisi yang sering digunakan adalah reaksi pembelahn unsur uranium-235 seperti ditunjukkan pada reaksi berikut.
92U235 + 0n1 –> 54Xe236 + 38Sr94 + 0n1  + 0n1
Pada proses reaksi tersebut, uranium tereksitasi setelah menyerap neutron, dan kemudian membelah.
Neutron yang dihasilkan dari pemelahan reaksi fisi dapat menginduksi fisi, sehingga reaksi fisi dapat berjalan dengan sendirinya. Reaksi fisi melepaskan energi yang sangat besar yaitu sekitar 200 MeV untuk setiap reaksi fisi yang terjadi.
Dan jika reaksi fisi berlangsung tanpa dikendalikan, maka akan terjadi reaksi berantai yang disertai pembentukan atau pelepasan energi yang sangat besar dan mampu mengakibatkan kerusakan yang luar biasa, seperti pada ledakan bom atom.
Pegertian Reaksi Fusi
Reaksi Fusi adalah reaksi penggabungan inti – inti ringan menjadi inti yang lebih berat disertai pelepasan energi. Reaksi fui melepaskan energi sekitar 1 MeV per nucleon. Reaksi fusi atau reakasi penggabungan inti ini merupakan reaksi nuklir.  Reaksi yang melibatkan penggabungan inti- inti atom dengan nomor atom kecil untuk membentuk inti yang lebih berat dengan melepaskan sejumlah besar energi.
Contoh Reaksi Fusi
Berikut beberapa contoh yang menunjukkan reaksi fusi.
1H1 + 1H2 –> 2He3
1H1 + 6C12 –> 7N13 + γ
 1H2 + 2He3 –> 2He4 + 0n1

Pengertian Reaksi Fusi Termonuklir
Reaki fusi secara alamiah terjadi pada matahari. Energi dari hasil reaksi fusi menjadi sumber energi matahari dan bintang bintang. Reaksi fusi pada matahari dan bintang ini disebut sebagai reaksi fusi termonuklir.
Reaksi fusi termonuklir membutuhkan temperature yang sangat tinggi yaitu sekitar 15.000.000 Celsius. Energi yang dimiliki oleh matahari berasal dari penggabungan inti – inti hydrogen menjadi inti helium, adapun beberapa contoh reaksinya adalah sebagai berikut:
1H1 + 1H1 –> 2H1e0 + 0,42 MeV
1H2 + 1H1 –>2He0γ0 + 5,49 MeV
2He3 + 2He3 –> 2He+ 2 1H1 + 12,86 MeV

Perbedaan Reaksi Fisi dengan Reaksi Fusi
1.      Reaksi Fisi
·         Reaksi Fisi : reaksi pembelahan inti menghasilkan netron
·         Setiap reaksi pembelahan inti selalu dihasilkan energi sekitar 200 Mev.
·         Netron yang dihasilkan dapat digunakan untuk menembak inti lain sehingga terjadi pembelahan inti secara berantai.
·         Energi yang dihasilkan pada pembelahan 235 gram 235U ekivalen dengan energi yang dihasilkan pada pembakaran 500 ton batubara

2.      Reaksi Fusi
·         Energi yang dihasilkan pada reaksi fusi sangat besar.
·         Energi yang dihasilkan cukup untuk menyebabkan terjadinya reaksi fusi berantai yang dapat menimbulkan ledakan termonuklir.
·         Energi fusi dari 1 kg hidrogen setara dengan energi pembakaran 20 ribu ton batubara.
·         Keuntungan reaksi fusi dibandingkan reaksi fisi:
o   Energi yang dihasilkan lebih tinggi
o   Relatif lebih “bersih”, karena hasil reaksi fusi adalah nuklida-nuklida stabil.

Contoh Soal

Soal 1
Perhatikan reaksi inti berikut!
7N14 + Y → 8O17 + 1H1
Pada reaksi di atas Y itu adalah .. ..

Jawab;
Misalkan nomor atom dan nomor massa dari X adalah a dan b, maka:
7N14 + pYq → 8O17 + 1H1
Operasikan nomor atom dan nomor massanya.
7 + p = 8 + 1
p = 2
14 + q = 17 + 1
q = 4
Dengan demikian, struktur adalah:
2Y4
Struktur tersebut sama dengan helium atau partikel alfa.
2He4  atau  2α4

frhns.blogspot.com/

1 Response to "Reaksi Kimia Inti Contoh Pengertian Perbedaan"

  1. menang berapapun di bayar
    ayo segera bergabung bersama kami di bandar365*com
    WA : +85587781483

    ReplyDelete