Ilmu Budaya Dasar sebagai salah satu Mata Kuliah Dasar Umum

Pengertian Ilmu Budaya Dasar 

Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar dasar dan pengertian tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah kebudayaan. Istilah IBD dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanities yang berasal dari istilah bahasa Inggris The Humanities

Pengertian Ilmu Budaya Dasar Menurut Prof. Dr. Harsya Bachtiar mengemukakan bahwa Ilmu Pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar : 

- Ilmu-ilmu Alamiah : mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat di alam semesta.Contoh: Astronomi, Fisika, Kimia, Biologi, Kedokteran dan Mekanika. 

- Ilmu-ilmu Sosial : mengkaji keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia. Contoh : Ilmu Ekonomi, Sosiologi, Politik, Demografi, Psikologi, Antropologi Sosial, Sosiologi hukum dan sebagainya. 

- Pengetahuan Budaya : memahami dan mencari arti kenyataan yang bersifat manusiawi. 




Tujuan budaya dasar
Dengan ringkas dapat disebutkan bahwa tujuan IBD adalah : Perlunya Melakukan PEMBENTUKAN pemikiran yang khususnya berkenaan dengan kebudayaan dan kemanusiaan,agar daya tanggap, persepsi dan penalaran berkenaan dengan lingkungan budaya dapat diperluas.
3 Kelompok Ilmu Pengetahuan
Secara umum ilmu pengetahuan dibagi menjadi tiga, yaitu : 
  • Ilmu Pengetahuan Alam, adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu dimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dimana pun.
  •  Ilmu Pengetahuan Sosial, adalah ilmu yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Ilmu ini berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan metode ilmiahdalam mempelajari manusia, termasuk metoda kuantitatif dan kualitatif. Istilah ini juga termasuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku dan interaksi manusia pada masa kini dan masa lalu.
  • Ilmu Pengetahuan Budaya/Ilmu Humaniora, adalah ilmu yang mempelajari cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistemagama dan politik, adat istiadat,bahasa, perkakas, pakaianbangunan, dan karya seni

Perbedaan antara IBD dan IPS
Perbedaan antara Ilmu Budaya Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial, yaitu :
· Ilmu Budaya Dasar diberikan pada tingkat perguruan tinggi sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan pada tingkat pendidikan dasar maupun tingkat pendidikan lanjutan menengah pertama sampai menengah atas.
· Ilmu Budaya Dasar merupakan matakuliah tunggal artinya tidak memiliki kelompok mata pelajaran sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah kelompok dari sejumlah mata pelajaran diantaranya Sejarah, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan lain-lain.
· Ilmu Budaya Dasar bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan untuk pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual. 

Persamaan antara IBD dan IPS

Persamaan dari keduanya antara lain adalah :
1. Keduanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program    pendidikan/pengajaran.
2. Keduanya bukan merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
3. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan permasalahan sosial. 

3 Golongan Mata Pelajaran Ilmu Budaya Dasar 

Materi ilmu sosial dasar terdiri atas masalah-masalah sosial untuk dapat menelaah masalah-masalah, sosial hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengidentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian bahan pelajaran ilmu sosial dasar dapat dibedakan atas 3 golongan yaitu :

1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.

2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan -kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang  sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial.
3. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial antara yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan. 

Pengertian Hakikat Ilmu Budaya Dasar

Pengertian hakikat Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang menulusuri berbagai masalah kemanusiaan dan budaya dengan menggunakan pengertian – pengertian yang berasal dari dan telah dikembangkan oleh berbagai bidang pengetahuan budaya dan memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

 Fungsi Ilmu Budaya Dasar

Fungsi kebudayaan adalah untuk mengatur manusia agar dapat mengerti bagaimana
seharusnya bertindak dan berbuat untuk menentukan sikap kalau akan berbehubungan
dengan orang lain didalam menjalankan hidupnya.

kebudayaan berfungsi sebagai:
1. Suatu hubungan pedoman antar manusia atau kelompok
2. Wadah untuk menyakurkan perasaan-perasaan dan kehidupan lainnya
3. Pembimbing kehidupan manusia
4. Pembeda antar manusia dan binatang 

Sumber : 

KELOMPOK 1 : 

ABDUL AZIZ                                    (10118023)
ADITYA YAFI PRAMUDYA            (10118213)
BRYAN JOSHUA                               (11118467)
M. HANIF MUTTAQIN                     (13118946)
FARHAN AL-FAYYADH                   (12118504)
M. RACHMAN MAULANA              (14118206)
M. DAFFA NUGRAHA                      (14118300)
RIZKY HAMJANA                             (16118291)
RAFI DITO SYAHPUTRA                  (15118756)

0 Response to "Ilmu Budaya Dasar sebagai salah satu Mata Kuliah Dasar Umum"

Post a Comment